PRA MUSRENBANGSUS TEMATIK " PEMBENTUKAN TUMAH DESA SEHAT & REMBUK STUNTING"

  • Jul 21, 2023
  • RANDUGADING.TAJINAN

Rumah Desa Sehat dan Rembuk Stunting Sebagai Usaha Pencegahan dan Penanganan Stunting Desa Randugading

Pemerintah Desa Randugading menggelar pembentukan Rumah Desa Sehat dan Rembuk Stunting, Selasa (18 Juli 2023).
.
Rembuk Stunting menjadi menjadi program prioritas pada tahun 2023 untuk pencegahan dan penanganan Stunting. Rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan Stunting secara bersama-sama antara Perangkat Daerah penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.
.
Pemerintah Desa Randugading turut mengundang Bidan Desa, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, Guru Paud dan Pendamping Desa. Hadir langsung ibu Dian ahli gizi kecamatan Tajinan yang turut menyampaikan Materi menyoal pencegahan dan penanganan Stunting.
.
Dalam hal ini, Kepala Desa Randugading, Eko Budi Sasmito menyampaikan "siap untuk berbenah menuju desa bebas Stunting, tidak hanya formalitas dengan pembentukan Rumah Desa Sehat tapi dengan orientasi program yang terarah dan tepat sasaran". Ujar Pak Kepala Desa seusai pengukuhan pengurus Rumah Desa Sehat. 
.
Kegiatan Rembuk Stunting ini membahas dua hal, pertama kegiatan konvergensi penanganan stunting yang akan dilakukan pada tahun berjalan dan kedua komitmen Desa untuk kegiatan penanganan stunting dalam untuk RKP Des tahun berikutnya.
.
Abd Salam, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Tajinan, memberikan pengarahan terkait program-program strategis dan fasilitasi diskusi rancangan kegiatan konvergensi penanganan stunting. Setelah usulan yang telah dirumuskan oleh pelaku program terkait, mereka mempresentasikan hasilnnya sesuai kondisi desa dengan menggunakan peta sosial, data sasaran, kondisi layanan, peta kelembagaan Desa Randugading.

Struktur kepengurusan RDS melibatkan unsur pemerintah desa, lembaga desa, dan pegiat desa seperti PKK, PAUD, Karang Taruna, KPMD, dan Posyandu. Harapannya, fungsi dan peran RDS dapat dimaksimalkan oleh pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di desa.
.

M. Syaiful Milal
Pendampingan Lokal Desa